sapa

Selasa, 29 Januari 2019

PENGELOLAHAN PERBEKALAN FARMASI


     Pengelolaan Perbekalan Farmasi merupakan suatu proses dimana seluruh siklus kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan obat. Kegiatan tersebut mulai dari pemilihan, perencanaan, pengadaan penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, penghapusan, administrasi dan pelaporan serta evaluasi yang diperlukan bagi kegiatan pelayanan .
Pengadaan barang merupakan sutu kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan segala pemenuhan kebutuhan dan keinginan pembeli. Dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang hal-hal yang perlu diperhatikan sebelumnya meliputi :
1.     Buku habis (buku defecta)
2.     Rencana anggaran belanja (anggaran pembelian)
3.     Pemilihan PBF yang sesuai yaitu dengan pertimbangan.
Dalam kegiatan berpekalan farmasi juga dikenal dengan pembelian perencanaan.  Maksud dari pembelian perencanaan ialah kegiatan yang dilakukan berdasarkan penjualan per minggu atau per bulannya. Keuntungan yang di dapat dari mengetahui obat tersebut bersifat fast moving, sehingga memudahkan dalam melakukan pengadaan. Cara tersebut bisa digunakan untuk membeli segala barang yang sukar diperoleh.
      Selain itu dalam perbekalan juga dikenal dengan kegiatan pembelian spekulatif. Kegiatan pembelian spekulatif merupakan suatu jumlah yang terjadi dengan kapasitas yang tinggi sehingga pada saat pembelian terjadi suatu penurunan harga atau diskon.
      Ada juga pembelian obat dengan jumlah yang terbatas. Dalam kegiatan ini seseorang membeli obat dengan kebutuhan dalam jangka pendek atau pembelian dilakukan jika barang habis atau menipis. Biasanya digunakan pada apotek yang baru buka atau memiliki modal yang terbatas.
Pemesanan pada kegiatan satu ini dilakukan dengan jalur Pedagang besar farmasi atau bisa langsung ke pabriknya. Akan tetapi, pada umumnya apotek yang berada dikawasan sekitar pemukiman warga lebih suka memesannya lewat pedagang besar farmasi daripada memesannya langsung ke pabriknya. Hal tersebut disebabkan karena pedagang besar farmasi jauh lebih memberikan harga yang lebih murah dengan kualitas yang terjamin. Perbekalan farmasi meliputi :

1. Obat, yang terdiri dari :

    - Obat Bebas
    - Obat Bebas Terbatas
    - Obat Wajib Apotek ( OWA )
    - Obat Keras
    - Obat Narkotika
    - Obat Psikotropika

Penggolongan obat di atas sesuai dengan Peraturan Menteri kesehatan RI Nomor 917/Menkes/Per/X/1993 yang kini diperbaiki dengan Permenkes RI Nomor 949/Menkes/Per/2000.

2. Bahan Baku Obat

3. Obat Tradisional dan bahan obat tradisional (obat asli Indonesia) dan (bahan obat asli Indonesia)

4. Alat-alat kesehatan


5. Kosmetika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

APA ITU FARMASI DAN FARMASIS?

Farmasi  ( bahasa Inggris :  pharmacy ,  bahasa Yunani :  pharmacon , yang berarti:  obat ) adalah salah satu bidang profesional  kese...